Sabtu, 08 November 2014

Suwito Wo come to FIKom Untar

Oranye Fikom Untar mengundang Suwito Wu, Asisten Produser DAAI TV sebagai salah satu pembicara pada acara Diksar Oranye periode 2014/2015 pada Sabtu, 27 September 2014. Acara bertempat di ruang 1106B FIKom, kampus 1 Untar.


Suwito Wu mengangkat tema “Menjadi Jurnalis, Menjadi Inspirasi” dalam diksar Oranye 2014, Suwito Wu yang juga pendiri Oranye berbagi cerita dan pengalamannya selama bekerja di divisi humanitarian DAAI TV. Dimana ia belajar untuk bekerja lebih dari sekadar jurnalis yang memenuhi hak atas informasi, tetapi juga menjadi jurnalis yang bisa melalui liputannya menginspirasi hidup penontonnya.

Salah satu kunci menjadi jurnalis yang inspiratif menurutnya, “perlu mendengar dengan mata dan melihat dengan telinga.” Contohnya ketika ia menampilkan video perjalanan seorang perempuan di Tiongkok yang menempuh jarak ribuan mil untuk mengambil air. Hanya melalui tayangan ia memanggul air mendaki perbukitan sambil terengah-engah saja, murni tanpa dialog, kita bisa mengerti betapa melelahkan perjuangannya. “Jadilah jurnalisme yang bisa mengolah rasa,” tegas Suwito.

Oranye mengharapkan dengan diangkatnya tema “Menjadi Jurnalis, Menjadi Inspirasi” yang dibawakan oleh Suwito Wu dapat memberikan bekal kepada para peserta untuk menjadi jurnalis yang menginspirasi di Indonesia.


Source: oranye FIKom Untar