Selasa, 04 November 2014

FIKom Untar Kedatangan Wakil Kedutaan Jepang



Sekarang ini adalah zaman globalisasi. Tidak hanya di negara lain, begitu juga di Indonesia. Beragam kultur kian meresap baik dari kultur Barat maupun Timur. Banyak masyarakat Indonesia khususnya anak muda saat ini sedang menyenangi budaya Timur, tak terkecuali budaya Jepang.

Berbagai cara dilakukan pihak kedutaan Jepang dalam rangka memperkenalkan budayanya kepada masyarakat Indonesia. Salah satunya adalah wisata tur dari kampus ke kampus. Pada 21 Oktober kemarin, FIKom Untar dikunjungi pihak kedutaan Jepang. Bertempat di R1206, lantai 12 Gedung Utama kampus Untar 1, FIKom mendapat kesempatan mendengarkan keindahan kebudaayan Jepang.

Perwakilan staff kedutaan Jepang, Hirokazu Kubo, memperkenalkan beragam kultur budaya konteks tinggi-nya. Mulai dari sejarah, perayaan festival hingga kepercayaan masyarakat Jepang. Beliau menceritakan sejarah Jepang zaman Mei Ji dibawah kekasairan Edo yang kompleks, festival Matsuri yang terkenal, dan kepercayaan Jepang bahwa manusia lahir sebagai sinto menikah secara Kristen dan wafat secara Buddhis. Beliau juga menjelaskan bahwa pada dasarnya agama tidak terlalu memiliki peranan besar terhadap kehidupan masyarakat Jepang. Tak ketinggalan, Kubo-san, sapaan akrabnya, juga membagikan resep rahasia Jepang hingga saat ini bertahan menjadi negara maju. Kubo-san mengatakan bahwa pendidikan adalah investasi orang Jepang. Membaca dan menulis kanji adalah resep rahasia mereka. Mereka menyadari betapa pentingnya membaca dan menulis harus diajarkan sejak kecil. Dengan begitu, masa depan generasi penerus bangsa mampu berdiri selangkah didepan diantara bangsa lain seumuran mereka.



Mahasiswa/i FIKom antusias mendengarkan ulasan singkat Kubo-San dan beragam pertanyaan pun mereka lontarkan seperti kehidupan para geisha dan yakuza di Jepang. Semoga dengan adanya kunjungan sharing Kubo-san, mahasiswa/i mampu memahami budaya Jepang dan menambah wawasan lintas budaya!


Source: FIKom Untar